6+ Aplikasi agar HP tidak Lemot Gratis untuk Mempercepat Kinerja Android

Jengkel karena kinerja HP terasa lemot? Kamu bisa menggunakan aplikasi agar HP tidak lemot yang akan kami rekomendasikan berikut. Banyak aplikasi yang bisa kamu pakai, namun tidak semua memberikan hasil terbaik. Untuk itu, pada kesempatan kali ini kami membahas beberapa aplikasi yang bisa diandalkan agar HP tidak terasa lemot.

HP lemot bisa terjadi berbagai macam hal, misalkan saja memang bawaan dari HP yang memiliki RAM kecil. Selain itu, banyaknya aplikasi yang terpasang juga bisa menyebabkan kinerja HP menjadi tidak optimal. Untuk mengatasi hal tersebut, biasanya bisa dilakukan dengan cara menghapus aplikasi yang tidak penting. Lalu bagaimana jika semua aplikasi yang ada di HP Android tersebut penting? Jawabannya, kamu bisa menggunakan aplikasi tambahan untuk mendukung kinerja ponsel lebih lancar.

Penyebab lain yang bisa mengakibatkan HP lemot bisa terjadi karena cache yang menumpuk parah. Dengan banyaknya cache yang ada, otomatis akan memakan kapasitas RAM dan juga storage. Dengan begitu, aktivitas kamu dalam penggunaan ponsel pintar sedikit terhambat.

Aplikasi agar HP tidak Lemot

Bagaimana cara mengatasi HP oppo lemot? Apa saja aplikasi agar HP android tidak lemot? Apakah bisa HP lemot diinstal aplikasi edit video? Pertanyaan seperti itu nantinya akan terjawab ketika kamu membaca dan memahami setiap isi dari artikel ini. Maka dari itu, jangan terburu-buru untuk segera menyelesaikan membaca. Kamu harus membaca secara perlahan agar memahami apa yang dimaksud.

1.     Greenify

Aplikasi yang pertama dengan menggunakan tampilan hijau segar, yakni Greenify. Fungsi utama dari aplikasi yang satu ini yaitu mematikan sementara aplikasi yang berjalan pada latar belakang HP. Sudah tahu bukan bahwa aplikasi yang kamu tutup sebenarnya tidak benar-benar tertutup? Kebanyakan dari aplikasi tersebut asih berjalan pada latar belakang HP sehingga tidak diketahui.

Penting Dibaca!  7 Aplikasi Edit Video PC Ringan Gratis tanpa Watermark

Dengan menggunakan Greenify, aplikasi yang tidak diketahui tersebut akan dimatikan sementara. Jangan khawatir terhapus karena hal itu tidak akan terjadi. Aplikasi yang dimaksud akan berjalan kembali ketika kamu membukanya di menu utama ponsel.

2.     Files Go (Aplikasi agar HP tidak Lemot)

Tidak perlu meragukan manfaat dari aplikasi Files Go. Jika boleh dikatakan, aplikasi yang satu ini dibuat oleh ‘embah’ nya internet, yaitu Google LLC. Saat ini sudah lebih digunakan oleh 1miliar pengguna Android dengan rating yang fantastis 4.6 star.

Fungsi utamanya membersihkan file yang kurang memberikan manfaat. Selain itu, aplikasi Files Go juga menyarankan beberapa aplikasi yang tidak berguna dan jarang digunakan untuk dicopot dari perangkat.

3.     CCleaner

Terkenal dengan software yang ada di PC, CCleaner juga hadir untuk memudahkan pengguna ponsel pintar dalam hal ‘bersih-bersih’ file dan data. Tidak jauh berbeda dengan aplikasi lain yang juga berfungsi untuk membersihkan file sampah pada perangkat yang kamu gunakan.

Saat ini, CCleaner sudah dipakai lebih dari 100 juta pengguna Android dengan rating 4.7 bintang. Sedikit melebihi rating dari aplikasi yang dirilis Google. Namun dalam hal manfaat bisa dikatakan sama saja.

4.     SD Maid

Aplikasi android agar hp tidak lemot selanjutnya adalah SD Maid. Sesuai dengan namanya, aplikasi pembersih ini juga berfungsi untuk merapikan file yang ada di perangkat ponsel. Tentu saja selain fungsi utamanya untuk meningkatkan kinerja HP agar lebih lancar.

Dilihat di Playstore, SD Maid sudah digunakan lebih dari 10 juta pengguna Android dan terakhir di update pada bulan ini. Jadi jangan ragu bahwa aplikasi ini tidak diperbarui, pihak Darken selaku pengembang resmi selalu rajin memperbarui aplikasi yang dibuatnya.

Penting Dibaca!  5 Cara Mendapatkan Koin Banyak Di Snack Video tanpa Mengundang Teman, Terbaru 2021!

5.     Power Clean

Sudah semestinya jika aplikasi pembersih memori mempunyai kinerja yang ringan dan tidak membebani ponsel. Begitulah kir-kira jika kamu menggunakan Power Clean. Aplikasi yang satu ini tergolong ringan dan tidak membuat HP semakin lemot. Penggunaanya juga mudah, kamu tinggal ketuk datu kali ketika ada rekomendasi pembersihan yang harus dilakukan.

Selain aplikasi untuk mempercepat HP agar tidak lemot, Power Clean juga mengklaim dirinya bisa menghemat daya baterai. Tidak mengherankan, karena pada dasarnya, konsumsi baterai bisa meningkat dengan banyaknya aplikasi yang berjalan pada latar belakang.

6.     Boost Cleaner

Selanjutnya yaitu Boost Cleaner. Aplikasi yang sudah digunakan lebih dari 5juta pengguna Android ini tidak hanya dapat melancarkan kinerja ponsel, melainkan juga dapat mendinginkan, menghemat baterai, dan menghapus file sampah.

Selain kelebihan utama tersebut, Boost Cleaner memberikan peringatan jika HP tersebut terasa lemot dan dibutuhkan tindakan pembersihan. Dengan kata lain, kamu tidak perlu melakukannya secara manual, tunggu saja pemberitahuan dari aplikasi tersebut dan lakukan tindakan pada peringatan yang muncul.

7.     Express RAM Speed Booster

Aplikasi terakhir sebagai alternatif agar HP tidak lemot yaitu Express RAM Speed Booster. Fitur utamanya khusus untuk membersihkan RAM. Namun dari penggunaanya menjadi hal yang menarik, karena semua berjalan otomatis. Maksudnya, kamu tidak perlu melakukan scanning jika ingin menghapus file cache atau aplikasi yang tidak terpakai.

Pada saat menggunakan ponsel dan terjadi RAM overload, aplikasi yang dirilis oleh ‘We love it’ ini akan memberikan peringatan. Kamu bisa mengabaikan peringatan tersebut atau melakukan tindakan sesuai dengan rekomendasi.

Penutup

Itulah pembahasan mengenai aplikasi agar HP tidak lemot yang bisa kami berikan. Tidak perlu menggunakan semuanya, cukup pilih salah satu yang menurut kamu layak digunakan. jika boleh menyarankan, sebaiknya gunakan Files Go yang merupakan aplikasi resmi dari Google.

Leave a Reply